Kamis, 26 Desember 2013

50 Lagu KPOP Terbaik 2013



Nggak terasa 2013 hampir berakhir ya? Sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru 2014. Itu berarti Ryuuki akan menginjak umur 15. Nggak sadar tiba-tiba udah setua ini (?) eh -_- Ok, back to topic. Chingudeul udah pada make wishes belum nih? Ryuuki sih cuma berharap tahun depan bakal jadi lebih baik dan segala mimpi-harapan Ryuuki jadi kenyataan. Misal dapat tiket dari langit untuk terbang dan menetap di Seoul, ketemu Kris terus dijadiin istri sama dia (ngomong apa coba =..=)

Speak about Seoul, pasti nggak bisa lepas dari yang namanya K-POP. Yah, KPOP yang udah menjamur di seluruh dunia bagaikan jamur matsutake yang dimasak keluarga Kobo Chan sampai-sampai neneknya dikira bunuh diri (korban anime .-.). Sampai akhir 2013-pun fenomena Korean Waves masih belum mereda, terutama di Indonesia dan di diri Ryuuki. Ryuuki sih berharap KPOP memimpin dunia selamanya, meski itu nggak mungkin. Seperti pepatah, roda selalu berputar. Sekarang di atas, tapi siapa yang tahu beberapa tahun lagi KPOP akan sirna. Tapi jangan sampai deh. Soalnya Ryuuki nggak rela kalau Kris dkk (rd: EXO) pergi meninggalkan Ryuuki. Ryuuki nggak bisa hidup tanpa musik, terutama musiknya Korea yang udah bikin Ryuuki tenggelam dalam dunia fantasi dan—serius—susah banget buat keluar!

Well, daripada banyak cincong ngalur-ngidul, disini Ryuuki punya daftar 50 lagu KPOP terbaik 2013 menurut Ryuuki. Sekali lagi, menurut Ryuuki loh ya. Jadi kalau kalian nggak sependapat jangan marah-marah. Ryuuki hanya ingin berbagi dan merekomendasikan bagi yang belum dengar. Ini dia, 50 lagu KPOP terbaik 2013 versi Ryuukigawa Chan.

50. T-ara – Number Nine

Meski nggak tahu apa maksud “No.9” tapi lagunya addictif banget. You must listen it!

49. Sistar – Give It To Me

Give it to me oh baby give it to me~ Suara Hyorin yang powerful, rapp Bora yang keren, suara Soyou yang merdu dan si maknae Dasom yang cute. Siapa sih yang nggak jatuh hati sama lagu ini?

48. Sistar – If You Want

Masih di album Sistar “Give It To Me”, ini merupakan salah satu track favorit Ryuuki di album ini. Coba dengar deh!

47. Lee Hi – Rose

Pertama dengar langsung SUKA pakai BANGET! Genrenya ballad dance dan liriknya sangat mendeskripsikan Ryuuki T.T

46. After School – First Love

Rilisnya samaan dengan bulan rilis Give It To Me. Melodinya lembut, pole dancingnya juga keren!

45. Secret – Yoohoo

Disini kakak-kakak Secret cantik-cantik banget, apalagi Hyosung eonnie. Lagunya easy listening pula! Cocok buat liburan ^ ^

44. Hello Venus – Would You Some Tea

Pertama baca judulnya emang ngerasa aneh sih. Tapi lagunya cheerful dan cute :)

43. 5Dolls – Soulmate

Entah kenapa Ryuuki suka dengerin lagu-lagu retro dengan konsep ’70-an macam T-ara - Roly Poly sama ini. Yah, mungkin karena satu agensi dan CEO CCM emang jago bikin musik kaya gini.

42. 5Dolls – Can You Love Me

Lagi-lagi 5Dolls. Btw, lagu yang ini easy listening dan ada part rapp by T-ara N4’s Dani

41. M.I.B – Nod Along!

Kalo denger lagu ini Ryuuki jadi ingat sama jus pepaya yang sampai bikin Ryuuki muntah gara-gara ikut ngerasa pusing + broken heart ngeliat ekspresi Kangnam yang gitu-gitu amat di MV -_- (sorry, Kangnam ahjussi!)

40. M.I.B – Let’s Talk About You (feat.A Pink’s Bomi)

Nah, ini lagu yang baru keluar Desember lalu. Lagunya bagus, ada bagian Bomi juga disitu.

39. T-ara N4 – Countrified Life

Setiap denger lagu ini Ryuuki jadi over semangat sambil pingin nge-dance tting garing garing gatting~ garing garing gating ting ting~

38. IU – Between The Lips

Suara IU disini agak nyeremin (?). Lagu ini menceritakan seorang gadis yang ingin ciuman, tapi nggak mau ciuman (maksudnya apa coba -.-) Pokoknya denger sendiri aja deh, pasti langsung suka.

37. Miss A – Hush

Ini juga belum lama keluar. Disini semua member Miss A tampil seksi dengan tarian tiang yang menggoda.

36. B1A4 – What’s Going On?

Ige museun iriya ireohke joheun narhae~ whoo Baro oppa johahae! Semua member B1A4 disini tampil manly, termasuk Gongchan. MV-nya bikin ngakak, terutama Baro yang emang gak bisa lepas dari image kocak xD

35. Crayon Pop – Dancing Queen

Lagu lama sih, tapi di re-fresh jadi Dancing Queen 2.0. Genrenya disco yang siap membuat kalian berjoget semalaman.

34. G-Dragon – Black (feat. Jennie Kim)

Tahun ini GD comeback dengan lagu-lagu patah hati yang membius pendengarnya ikut menghayati apa yang ia rasakan (bahasa gue weh xD). Semua lagu di album Coup D’Etat wajib didownload!

33. G-Dragon – Coup D’Etat

MV-nya keren. Reffnya daebakk. This is ma Coup D’Etat~

32. G-Dragon – Crooked

Pasti bingung kenapa daritadi GD melulu? Secara emang tahun ini (nggak cuma tahun ini sih, setiap kali GD ngeluarin lagu baru semuanya selalu menakjubkan!) GD banyak ngeluarin single. Dan Crooked, lagunya saingan sama That XX.

31. G-Dragon – R.O.D (feat.Lydia Paek)

Ini adalah track favorit Ryuuki di album Coup D’Etat. Maknanya sih simple, tentang namja yang menyayangi yeojanya. Tapi suara GD itu loh yang nggak simple. Direkomendasikan banget buat yang belum dengar!

30. Taeyang – Ringa Linga

Tadi GD, sekarang Taeyang. Disini Ryuuki baru nyadar kalo Taeyang itu berotot rupanya xD ._.V lagunya bagus loh, sayang kalo nggak dengar.

29. T.O.P – Doom Dada

Konsep T.O.P kali ini benar-benar patut diacungi jempol. Kenapa? Pertama, MV-nya berhasil ngagetin Ryuuki dengan kemunculan boneka bayi berkepala besar yang emang nakutin (-_-) plus mikrofon super besar dan para manusia purba yang nyeremin. Kedua, latarnya black and white jadi serasa kembali ke zaman dulu. YG emang daebakk!

28. Seungri – GG Be

Yang terakhir, si maknae Seungri. Tapi disini Ryuuki nggak nyantumin lagu dia yang Gotta Talk To You, tapi GG Be. Karena Ryuuki lebih suka yang ini, hehe. Sayang Daesung nggak buat solo debut juga. Kalo buat, Ryuuki berani taruhan deh lagunya sama nge-hitsnya kayak keempat rekannya di Big Bang.

27. 4Minute – What’s Your Name

Ireumi mwoyeyo? O namae wa Ryuukigawa Chan desu! (Lho -_-?) Nggak diragukan lagi, 4Minute tahun ini sukses menghipnotis pecinta KPOP dengan lagu mereka What’s Your Name. Dari style sampai konsep MV, semuanya perfect!

26. Trouble Maker – There’s No Tomorrow

Sebuah MV yang benar-benar merusak kepolosan Ryuuki */.\ tutup mataa (padahal... xD)* No recommend for viewing under 17 (emang umur loe berapa Ryuu?-___-)

25. Lee Hi – Special (feat. Jennie Kim)

Genre jazz dengan suara pitch high-nya Lee Hi ditambah rapp kharismanya Jennie Kim membuat lagu ini AMAZING!!!

24. Teen Top – Walk By...

Lagu favorit Ryuuki di album No.1. Sama seperti Coup D’Etat-nya GD, semua lagu di album No.1 keren-keren!! Nggak nyesel deh bangun dini hari buat maraton download satu album. Keren sih :) !

23. Teen Top – No Joke

I’m no joke, I’m no joke! Ryuuki juga nggak bercanda kok kalau Ryuuki cinta Chunji oppa (apa ini -..-)

22. Teen Top – Miss Right

Hehe, siapa sih yang nggak tahu lagu cheerful dengan koreografi mereka yang kayak orang mabuk? Awalnya Ryuuki heran waktu baca judulnya “Miss Right” (nona benar??). Bukannya seharusnya Miss Straight (nona rambut lurus)? Persetan dengan judul! Yang penting lagunya membahana~lalalalala~

21. Henry Lau – Trap

Performa Henry gege di sini bisa dibilang sempurna. Benar-benar menunjukkan kalau Henry gege itu multitalent. Liriknya mendalam dan menyayat-nyayat hati, ahh! Direkomendasikan download yang ins.version juga :D

20. Girl’s Day – Expectation

Ryuuki pernah nyobain tari barrell mereka yang ini tapi bukannya jadi seksi justru gagal total! Wkwkwk :D Tahun ini Minah unnie dkk ngerombak image jadi seksi yah?

19. EXO – Miracles in December

Jangan diragukan lagi. Lagu EXO yang ini berhasil buat Ryuuki nangis seharian waktu habis terima rapot. D.O, Chen, Baekhyun, dan Lay membuat lagu ini menjadi lagu ballad terbaik sepanjang sejarah—menurut Ryuuki. Cocok didengar saat hujan dan waktu patah hati ==’

18. Girls’ Generation – IGAB

Semua orang juga tahu kalau SNSD keren bukan main di sini. Sayang mereka cuma comeback sekali itupun di awal tahun. Ryuuki nggak tahu kenapa akhir-akhir ini mereka lebih aktif di Jepang daripada di Korea sendiri. Padahal tanpa perlu capek-capek promosi ke Jepang (lagi) SNSD juga udah mendunia kan?

17. Sistar19 – Gone Not Around Any Longer

Bawaannya pengen nge-galau terus kalau dengar kolaborasi antara Hyorin unnie sama Bora unnie di sini. Jujur, Ryuuki lebih suka sub-unitnya daripada Sistar sendiri.

16. Lim Kim – Allright

Pendatang baru Lim Kim langsung menjadi trend hot di kalangan K-Popers begitu dia merilis lagu ini. Suara Lim Kim emang berkharisma, sih. Lagu-lagu lain yang patut didengerin di antaranya Voice, Rain, dan OST Reply 1994 (lupa judul :3)

15. Infinite – Destiny

Musiknya memang agak mainstream. Tapi yang bikin Ryuuki jatuh cinta yaitu latar tempat MV-nya dan oppadeul Infinite yang makin jantan (?) tentunya B)

14. Shinwa – This Love

Om-om Shinwa kembali lagi tahun ini! Hehe ._.v Koreografinya lucu, seperti hewan tapi juga seperti model. Genrenya klasik, macam musik-musik Eropa kebanyakan. But, two thumbs for this song!

13. 2NE1 – Fallin’ In Love

Waktu pertama kali nonton MV-nya, Ryuuki agak sebel ngeliat muka dua aktor yang muncul di MV ini. Tapi lama kelamaan Ryuuki geli sendiri. Lagunya ceria dan pastinya, enak didengar.

12. T-ara – Do You Know Me

Seperti yang Ryuuki bilang sebelumnya, Ryuuki suka banget sama lagu retro dengan konsep ’70-an. Dan tahun ini T-ara kembali lagi dengan genre ini ^ ^ Nice song!

11. Baechigi feat Ailee – Shower of tears

Another ballad song you must listen! Suara Ailee emang nggak perlu diragukan lagi.

10. Zea Five – The Day We Broke Up

Meski nggak terlalu kenal Zea, tapi lagu ini keren gila. Suara instrumennya yang lembut sesuai dengan suara kelima anggotanya.

9. Crayon Pop – Bar Bar Bar

Ngomongin 2013 tanpa Crayon Pop? Nggak keren donk. Siapa yang nggak tahu lagu ini? Ryuuki juga selalu kebawa pengen loncat-loncat tiap dengerinnya. Jumping oh yeah jumping oh yeah, everybody~

8. A Pink – Nonono

Ryuuki sempat sebal sama A Pink gegara mereka dekat sama Exo dan salah satu membernya, Hayoung, tampil mesra sama B1A4’s CNU di MV Shin Bora – Frozen. Tapi nggak bisa dipungkiri kalo Ryuuki suka sama lagu ini. Apalagi lagu mereka yang My My menyimpan kenangan tersendiri bagi Ryuuki :’)

7. Junhyung, FeelDog, LE – You Got Some Nerve

It’s very awesome hip-hop ever heard! Suka banget sama rapp ketiga rapper ini. Meski lumayan terganggu sama bunyi ttut ttut di lagu ini, tapi musiknya tetap kece donk. Brave Brothers memang paling jago bikin lagu-lagu hits.

6. Yang Yoseob – Caffein

Lirik lagu ini juga mendalam, seketika Yoseob yang imut-imut berubah jadi pria dewasa yang tersakiti oleh cinta :D. Good job for Yoseob oppa!

5. SHINee – Green Rain

Seperti judulnya, OST Queen in Classroom ini mempunyai melodi yang sejuk. Ryuuki bahkan lebih suka lagu ini daripada lagu SHINee yang lain seperti Dream Girl atau Everybody.

4. CL – The Baddest Female

Five stars for CL unnie. Dari mulai style, rapp, konsep, lirik, dan musik semuanya very very WOW *w*

3. EXO – Wolf

Ini nih lagu yang bikin Ryuuki jatuh hati sama EXO!!! Dari mulai nggak suka sama EXO, eh sekarang cinta mati sama dua belas serigala tampan ini (khususnya Kris <3). Geurae wolf! Naega wolf! Auuuuweooooo~ Ah saranghaeyo!

2. Hyorin – One Way Love

Adooh, lagu ini liriknya nyindir seseorang banget, sumpah. Nggak perlu dijelasin, segala sesuatu tentang Hyorin disini SEMPURNA. “So selfish love, you’re so selfish boy yeah~”

1. 2NE1 – Missing You

Dan inilah lagu terbaik tahun ini. Sandara, CL, Bom, dan Minzy unnie mampu membius para Blackjack—dan bukan Blackjack—tenggelam dalam kelamnya lagu yang mereka nyanyikan. Secara pribadi, Ryuuki paling suka dengar suara Dara unnie disini. Meski, yeah, part-nya paling sedikit dibanding member lain. Style 2NE1 disini misterius, tapi modis bukan main. Satu kata buat YG. DAEBAKK. Semua lagu yang diproduksi YG tahun ini sukses membuat Ryuuki berpaling dari SM, huahaha. Chukkae for 2NE1, hope you girls comeback again next year ^ ^ ! *kasih piala*

Nah, itu adalah 50 lagu terbaik 2013 versi Ryuuki. Chart ini nggak disusun berdasarkan peringkat sih, Ryuuki hanya menulis apa yang ada di pikiran Ryuuki. Tapi Missing You-nya 2NE1 memang belakangan jadi playlist tersering yang Ryuuki putar. Habisnya keren sih! Sebenarnya masih banyak lagu KPOP yang ingin Ryuuki tulis seperti F(x) – Rum Pum Pum, Block B – Very Good, 2PM – CWYHTS, dll. Tapi karena nggak cukup tempat dan tangan Ryuuki juga udah capek nulis, ya udah. Ternyata tahun ini Korea memuaskan Ryuuki banget, manjain Ryuuki dengan ribuan musik dari para idols dan musisi yang hampir semuanya comeback. Meskipun agak kecewa karena MAMA kemarin sepi, but it’s awesome at all. Akhir kata, tetaplah cintai musik KPOP dan berdoa supaya KPOP tahun depan lebih baik lagi :D.

Sayonara~ eh, Annyeong ^ ^ !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar